Keragaman Suku Budaya di Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa

Keragaman Suku Budaya di Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa - Bangsa Indonesia yang memiliki kurang lebih 200juta jiwa yang tersebar di seluruh tanah air memiliki budaya masing-masing, terbentang luas dari Sabbang sampai Merauke terdiri dari beberapa pulau, budaya, agama, ras, adat istiadat dan bahasa namun tetap pada satu kestuan yaitu Republik Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika adalah pemersatu bangsa ini dari berbagai keragaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat dan juga agama, untuk itu kita sebagai warna negara memiliki kewajiban untuk menjaganya agar tidak terjadi perpecahan.

Cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa


Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa adalah salah satu cara yang paling tepat agar tidak adanya perpecahan, karena kita tahu bahwa negara ini kaya akan sumber daya alam pastilah banyak negara lain yang ingin menguasainya. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

Persatuan dan kesatuan bangsa

1. Meningkatkan Gotong royong

Gotong royong adalah salah satu cara untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa ini. Karena dalam gotong royong bahu membahu dalam melestarikan kebersamaan antar suku, agama dan budaya adalah suatu hal yang dapat memperkokoh kesatuan NKRI.

2. Meningkatkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Bhineka tunggal ika "Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu" merupakan semboyan yang patut kita junjung tinggi, untuk itu kita harus memupuk rasa Kebhinekaan antar semua elemen masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan

Kita tau bahwa bangsa Indonesia saat ini mengalami berbagai gejolak yang terjadi, saling lawan dan adu politik mengakibatkan perpecahan. Politik saat ini dirasa hanya mementingkan diri sendiri bagi petinggi politik, hal ini mereka hanya mementingkan kemenangan Parpolnya untuk menduduki tahta tertinggi.

Kita harus pintar-pintar dan waspada terhadap isu politik yang saling menjatuhkan agar tidak terjadi perpecahan. Jika kita lihat kondisi ini sangat memprihatinkan, Untuk itu kita sebagai warga negara juga harus meningkatkan kualitas hidup dimulai dari diri sendiri antara lain yaitu memintarkan diri kita agar tidak dapat dibodohi oleh siapapun.

Kebrobokan bangsa ini juga dikarenakan banyak aset negara yang dimiliki oleh bangsa asing sehingga kita tak dapat mengolah sendiri sumber daya alam yang kita miliki. Kita patut dan harus mencintai produk dalam negri untuk membangun perekonomian negara dan daerah.

Selai itu kesadaran akan pentingnya peran budaya sebagai pemersatu bangsa harus selalu kita kibarkan, memupuk dimulai dari kesadaran diri sendiri dan kita tularkan kepada yang lainnya harus kita lakukan.

Keragaman adalah pemersatu


Mengenal Ragam budaya, suku, RAS, agama dan adat istiadat jika kita pahami adalah sebagai salah satu senjata ampuh untuk melawan bangsa lain yang ingin menguasai negara ini. Kita terdiri dari berbagai macam wilayah yang menyebar, bantu membantu dan bahu membahu mempertahankan NKRI adalah harga mati.

Jika kita saling bantu dan kuat tak satupun negara lain yang berani untuk mengalahkan kita, karena kesakita satu suku berarti kesakitan Bangsa Indonesia. Untuk itu kita sebagai warga negara harus selalu memupuk solidaritas tinggi antar sesama Agama, Suku, Budaya, Ras, adat istiadat agar keragaman ini dapat kita jadikan sebagai pemersatu yang kokoh, selain itu juga kita harus melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa ini.

Penjelasan dari kami tentang Keragaman Suku Budaya di Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membaca.

Jika kalian memiliki masukan untuk artikel ini silahkan berkomentar dengan pemikiran kalian tentang persatuan dan kesatuan bangsa ini. Majulah Bangsaku!! Majulah Indonesiaku!!!!

0 Response to "Keragaman Suku Budaya di Indonesia Sebagai Pemersatu Bangsa"

Posting Komentar